KONSEP DASAR AKUNTANSI MANAJEMEN

Tujuan Pembelajaran:
-          Siswa dapat memahami mengenai konsep dasar manajemen
-          Siswa dapat mengetahui tujuan akuntansi manajemen

Konsep Dasar Akuntansi Manajemen

1.      Pengertian Manajemen
Penyatuan bagian manajemen yang mencakup, penyajian dan penafsiran informasi yang digunakan untuk perumusan strategi, aktivitas perencanaan dan pengendalian, pembuatan keputusan, optimalisasi penggunaan sumber daya,
pengungkapan kepada pemilik dan pihak luar, pengungkapan kepada pekerja, pengamanan asset. sumber: Chartered Institute of Management Accountant (1994:30)
2.      Sistem Akuntansi Manajemen
Suatu sistem informasi yang menghasilkan suatu kesimpulan atau output atau informasi yang menggunakan data yang ada serta proses-proses yang diperlukan dalam memenuhi hasil akhir tertentu dari suatu manajemen. Proses-proses yang dimaksudkan di sini adalah berbagai kegiatan seperti pengumpulan, pengukuran, penyimpanan, analisis, pelaporan, dan pengelolaan informasi. Sedangkan Hasil informasi atau kesimpulan dapat berupa  laporan khusus, harga pokok produk, biaya pelanggan, anggaran, laporan kinerja, dan komunikasi personal.
3.      Fungsi informasi manajemen
Fungsi dari hasil informasi yang sudah ada di dalam manajemen ada beberapa hal yang bisa di rumuskan yaitu :
1.      Merumuskan strategi.
2.      Proses perencanaan dan pengendalian.
3.      Pengambilan keputusan.
4.      Optimalisasi keputusan.
5.      Pengungkapan pemegang saham dan pihak luar.
6.      Pengungkapan entitas organisasi bagi karyawan.
7.      Perlindungan atas asset organisasi.
4.      Tujuan sistem akuntansi manajemen
Secara umum tujuan dari sistem akuntansi managemen adalah :
Ø  Memberikan informasi yang dibutuhkan untuk penghitungan harga pokok jasa, produk, dan tujuan lain yang diinginkan manajemen
Ø  Memberikan informasi yang dibutuhkan untuk perencanaan, pengendalian, pengevaluasian, dan perbaikan berkelanjutan
Ø  Memberikan informasi untuk pengambilan keputusan.
5.      Informasi akuntansi manajemen
Informasi akuntansi manajemen dibagi menjadi 3 jenis berdasarkan hubungannya . yaitu:
Ø  Informasi akuntansi penuh (Full Accounting Information) yang berfungsi untuk penyajian informasi secara penuh contohnya untuk informasi produk, departemen.
Ø  Informasi akuntansi diferensial (Differential Accounting Information) untuk menunjukkan perbandingan sehingga menghasilkan suatu alternative atau pilihan lain.
Ø  Informasi akuntansi pertanggungjawaban (Responbility Accounting Information) sebagai misal informasi pertanggungjawaban dari wewenang manajer.
6.      Pengembangan proses akuntansi managemen dapat menggunakan metode :
Ø  Flatening struktur manajemen merupakan proses penyederhanaan struktur.
Ø  Menggunakan cross fungsional team merupakan proses saling isi menurut keahlian dan kekuatan antara tim yang terlibat.



1.      Menyediakan informasi untuk perencanaan, pengendalian, pengevaluasian, perbaikan berkelanjutan  merupakan tujuan sistem informasi manajemen (B)
2.      Flatening struktur manajemen merupakan metode pengembangan proses akuntansi manajemen (B)

3.      Informasi akuntansi diferensial merupakan informasi yang berfungsi untuk menyajikan informasi secara penuh contohnya untuk menginformasi produk, departemen (S)

0 komentar:

Posting Komentar

Follow Us @soratemplates

About

About Me
Munere veritus fierent cu sed, congue altera mea te, ex clita eripuit evertitur duo. Legendos tractatos honestatis ad mel. Legendos tractatos honestatis ad mel. , click here →

Popular Posts