Tujuan Pembelajaran:
-
Siswa dapat memahami
mengenai konsep dasar manajemen
-
Siswa dapat mengetahui
tujuan akuntansi manajemen
Konsep Dasar
Akuntansi Manajemen
1.
Pengertian
Manajemen
Penyatuan
bagian manajemen yang mencakup, penyajian dan penafsiran informasi yang
digunakan untuk perumusan strategi, aktivitas perencanaan dan pengendalian,
pembuatan keputusan, optimalisasi penggunaan sumber daya,
pengungkapan kepada pemilik dan pihak luar, pengungkapan kepada pekerja, pengamanan asset. sumber: Chartered Institute of Management Accountant (1994:30)
pengungkapan kepada pemilik dan pihak luar, pengungkapan kepada pekerja, pengamanan asset. sumber: Chartered Institute of Management Accountant (1994:30)
2.
Sistem Akuntansi Manajemen
Suatu sistem informasi yang menghasilkan suatu kesimpulan atau output
atau informasi yang menggunakan data yang ada serta proses-proses yang diperlukan
dalam memenuhi hasil akhir tertentu dari suatu manajemen. Proses-proses yang dimaksudkan di
sini adalah berbagai kegiatan seperti pengumpulan, pengukuran, penyimpanan,
analisis, pelaporan, dan pengelolaan informasi. Sedangkan Hasil informasi atau
kesimpulan dapat berupa laporan khusus, harga pokok produk, biaya
pelanggan, anggaran, laporan kinerja, dan komunikasi personal.
3.
Fungsi
informasi manajemen
Fungsi dari
hasil informasi yang sudah ada di dalam manajemen ada beberapa hal yang
bisa di rumuskan yaitu :
1. Merumuskan
strategi.
2. Proses
perencanaan dan pengendalian.
3. Pengambilan
keputusan.
4. Optimalisasi
keputusan.
5. Pengungkapan
pemegang saham dan pihak luar.
6. Pengungkapan
entitas organisasi bagi karyawan.
7. Perlindungan
atas asset organisasi.
4.
Tujuan
sistem akuntansi manajemen
Secara umum
tujuan dari sistem akuntansi
managemen adalah :
Ø Memberikan
informasi yang dibutuhkan untuk penghitungan harga pokok jasa, produk, dan
tujuan lain yang diinginkan manajemen
Ø Memberikan informasi
yang dibutuhkan untuk perencanaan, pengendalian, pengevaluasian, dan perbaikan
berkelanjutan
Ø Memberikan
informasi untuk pengambilan keputusan.
5.
Informasi
akuntansi manajemen
Informasi akuntansi manajemen dibagi
menjadi 3 jenis berdasarkan hubungannya . yaitu:
Ø Informasi
akuntansi penuh (Full Accounting Information) yang berfungsi untuk penyajian
informasi secara penuh contohnya untuk informasi produk, departemen.
Ø Informasi
akuntansi diferensial (Differential Accounting Information) untuk menunjukkan
perbandingan sehingga menghasilkan suatu alternative atau pilihan lain.
Ø Informasi
akuntansi pertanggungjawaban (Responbility Accounting Information) sebagai
misal informasi pertanggungjawaban dari wewenang manajer.
6.
Pengembangan
proses akuntansi managemen dapat menggunakan metode :
Ø Flatening
struktur manajemen merupakan proses penyederhanaan struktur.
Ø Menggunakan
cross fungsional team merupakan proses saling isi menurut keahlian dan kekuatan
antara tim yang terlibat.
1.
Menyediakan
informasi untuk perencanaan, pengendalian, pengevaluasian, perbaikan
berkelanjutan merupakan tujuan sistem
informasi manajemen (B)
2.
Flatening
struktur manajemen merupakan metode pengembangan proses akuntansi manajemen (B)
3.
Informasi
akuntansi diferensial merupakan informasi yang berfungsi untuk menyajikan
informasi secara penuh contohnya untuk menginformasi produk, departemen (S)
0 komentar:
Posting Komentar